Pengalaman FEP Binusian 2019

Dalam post ini saya akan menuangkan sedikit gambaran kegiatan FEP berdasarkan pengalaman FEP yang saya ikuti, dan berhubung ada tugas dari AO (ntar gue jelasin AO itu apa) jadi bahasa dalam tulisan ini agak mengikuti kaidah EYD (gak sering nyingkat2 kata).

Pengalaman FEP Sebagai Binusian 2019
Cabang Binus Kemanggisan

Foto Bareng Kelas FEP
Foto Bareng Kelas FEP EBN03

Oke, di Binus ada sebuah kegiatan untuk menyambut mahasiswa baru yang disebut FEP, secara singkat FEP ini merupakan tahap orientasi dimana kegiatan ini sangat berbeda dengan orientasi/ospek di universitas lainnya yang terkenal lebih menjurus ke pelatihan fisik, mental, atau bahkan memakai kostum-kostum konyol.

Kegiatan FEP terbagi menjadi 3 tahap, yaitu General Orientation, Academic Orientation, dan Campus Life Orientation. Pada tahap General Orientation, kita para mahasiswa baru akan didampingi oleh beberapa Buddy Coordinator atau biasa kita sebut BC. Kebetulan kelas GO saya yaitu EBN03 didampingi oleh 7 BC.

Jadi dalam FEP ini kita benar-benar dikenalkan dengan lingkungan kampus seperti bimbingan dalam penggunaan fasilitas perkuliahan, contohnya cara menggunakan situs binusmaya dimana situs ini menjadi portal utama yang akan digunakan sehari-hari oleh para binusan selama masa kuliah berlangsung.

Pada hari terakhir tahap General Orientation, para mahasiswa baru dikenalkan dan diberi kesempatan untuk mendaftar UKM yang ada di Binus. UKM merupakan singkatan dari Unit Kegiatan Mahasiswa, dimana UKM yang ada cukup banyak sehingga pada hari itu kampus Syahdan seperti menggelar festival dengan adanya pertunjukan dari berbagai UKM untuk menarik perhatian para mahasiswa baru yang mengikuti FEP. Sebelumnya sudah ada presentasi dari berbagai UKM di ruang Auditorium. Acara ini sekaligus menutup kegiatan General Orientation yang telah berlangsung selama seminggu dan akan dilanjutkan tahap FEP kedua, yaitu Academic Orientation.

Ruang auditorium & lab. praktikum di kampus Anggrek :

Ruang Auditorium
Ruang Auditorium di Kampus Binus Anggrek
Ruang Lab Komputer
Ruangan Lab Komputer di Kampus Binus Anggrek

Ini contoh sebagian jadwal selama FEP (GO & AO) :

Jadwal GO

Pada Academic Orientation, kita tidak lagi didampingi oleh para BC. Selama sesi Academic Orientation, kita dikenalkan dan dipersiapkan agar dapat beradaptasi dengan sistem perkuliahan seperti situasi pembelajaran di kelas ketika sudah mulai kuliah nanti. Jadi yang membimbing kita pada sesi AO adalah dosen.

Pada sesi AO ini kita langsung diberikan materi-materi dasar sesuai kurikulum jurusan masing-masing untuk mempermudah kita ketika memasuki awal perkuliahan.

Ketika AO, berhubung saya berasal dari jurusan Computer Science, organisasi himpunan mahasiswa yang berasal dari fakultas School of Computer Science (SoCS) atau biasanya disebut HIMTI (Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika) mengadakan acara semacam Welcoming Party khusus untuk merayakan kedatangan mahasiswa yang berasal dari jurusan-jurusan fakultas sebagai anggota baru dalam keluarga besar SoCS.

Acara tersebut bernama HTTP (HIMTI Togetherness and Top Performance). Di acara ini ada banyak pertunjukan dan Guest Star yang diundang untuk mengisi acara. HTTP ini tetap termasuk bagian dari jadwal AO yang berlangsung di gedung BPPT dari pagi hingga malam.

Sekian cerita singkat mengenai pengalaman FEP.

William Chanrico,
Simply Proud to be Binusian 2019.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *